Bosan Liburan yang Itu – itu Saja, Bagaimana Kalau Coba Memancing di Pulau Harapan

Bagi yang sudah sering mengunjungi Pulau – pulau di Kepulauan Seribu pasti sudah tahu bagaimana keindahan pulau – pulau tersebut baik keindahan di darat dan juga di bawah lautnya. Pasti sudah pernah juga mengunjugi spot – spot wajib di Pulau – pulau tersebut. Akan tetapi kalau memancing bagaimana ? seperti misalnya memancing di Pulau Harapan yang merupakan spot baik untuk memancing ikan.

Alih – alih kembali melakukan kegiatan yang sama dan mungkin akan terlihat membosankan, memiliki pengalamann memancing di Pulau Harapan rasanya akan menjadi sebuah pengalaman berbeda, seru sekaligus baru dan lebih menantang plus yang pastinya melatih kesabaran.Seperti memancing di tempat lain, memancing di Pulau Harapan juga membutuhkan beberapa persiapan. Hal ini tergantung jenis apa yang mau dipancing dan juga akan memancing di bagian mana, dipinggir – pinggir pulau, dekat dermaga, perairan dangkal, atau lebih ketengah laut. Secara umumnya, hal – hal yang akan diperlukan ketika memancing di Pulau Harapan adalah sebagai berikut.

Jenis Umpan

Jenis Umpan yang dibutuhkan tentunya berbeda – beda tergantung apa yang ingin dipancing dan juga dimana tempat memancing.

Apabila ingin memancing di pinggir pulau tanpa menyewa kapal, spot memancing yang paling bagus adalah di sekitar dermaga di belakang kantor kecamatan. Menurut anak – anak sekitar spot ini sangat bagus untuk menangkap ikan baronang. Umpan yang paling cocok adalah nasi di campur dengan kunyit. Bisa juga mencoba umpan udang kecil apabila umpan nasi dirasa kurang pas.

Memancing cumi – cumi juga bisa dilakukan dari pinggir dermaga, waktu memancingnya malam hari. Akan lebih baik jika pada saat itu bulan sedang terang – terangnya karena saat itulah waktu yang paling tepat untuk memancing cumi – cumi. Umpannya bisa berupa udang atau membawa capela dengan berbagai warna untuk mencoba mana yang paling mencolok. Apabila memancing cumi – cumi di pinggir dermaga gagal karena belum bulan terang maka bisa memancing cumi – cumi di karang dangkal dengan menyewa perahu.

Selanjutnya, jenis umpan cumi – cumi segar cocok digunakan untuk memancing ikan tenggiri, caranya dengan main line – timah – leader – kail. Untuk mendapatkan ikan tenggiri yang lebih besar gunakanlah ikan barcud. Jangan lupa ya memancing tenggiri dilakukan pada malam hari di tengah laut dan bukannya siang hari.

Alat Pancing

Mengenai jenis umpan dan kapan waktu memancing ikan yang tepat sudah di bahas di atas, kini saatnya lebih jauh mengenai alat pancing apa saja yang perlu di bawah.

Joran

Hal pertama yang wajib di bawa jika ingin memancing di laut tentu saja joran, gunakan joran dengan bahan karbon atau titanium sehingga bisa tahan dengan ikan besar. Selain itu, pastikan joran dilengkapi dengan pegangan spool penahan senar agar memudahkan Anda kala menangkap ikan.

Ukuran diameter joran harus disesuaikan dengan tangan agar lebih mudah saat digunakan. Pilih juga joran yang sedikit kaku namun ringan agar disaat ikan menyambar, Anda langsung tahu dan bisa bereaksi lebih cepat.

Senar

Senar yang umumnya digunakan untuk memancing di laut dalah senar dari bahan multifilamen yang memiliki kekuatan hampir menyamai baha dengan ukuran 8 – 20 lbs. Senar jenis polimer yang lebih sering kita jumpai tidak cocok untuk memancing di laut karena itu hanya bisa digunakan untuk memanicng di kolam saja.

Reel

Rel sangat penting untuk menggulung senar, pilihlah reel dengan 3 bantalan roda atau lebih dan pastikan reel bisa memuat 200 – 400 m. Untuk jenisnya ada dua pilihan yaitu spinning reel dan bait reel. Spinning reel dapat menggulung dengan cepat namun mudah keluar jalur sedangkan, bait reel lebih lambat dalam menggulung namun tidak akan keluar dari jalur atau spool.

Mata Kail, Umpan dan Timah

Mata kail tentunya hal yang tidak boleh tertinggal ketika memancing, sedangkan umpan dan timah digunakan untuk menarik ikan. umpan ini biasanya dalam bentuk plastik yang dibuat berbentuk menyerupai ikan dan ada beragam varian warna.

Kili – kili

Benda ini adalah benda yang menyerupai cincin yang ada pada pancing, fungsinya untuk menjaga senar agar tidak sampai kusut. Keberadaan kili – kili sangat penting apalagi jika Anda memancing di tengah laut dan menggunakan senar yang sangat panjang.

Nikelin

Nikelin digunakan hanya untuk memancing ikan yang memiliki gigi tajam seperti barracuda dan juga ikan tenggiri. Nikelin akan menggantikan senar agar saat memancing tidak akan putus terkena gigi ikan yang tajam.

Nah, secara garis besar untuk memancing di Pulau Harapan hanya dua hal pokok itu saja yang harus diperhatikan. Jika sudah paham kedua hal dasar itu maka Anda sudah siap untuk memancing di Pulau Harapan.

Kegiatan ini bisa menjadi alternatif kegiatan saat Anda bosan dengan liburan yang itu – itu saja bukan. Untuk lebih jauhnya apakah ada jasa agen tour yang melayani paket memancing ini, Anda bisa telfon langsung biro tour tersebut. Usahakan Anda juga mengajak teman – teman ya supaya harga belibur bisa lebih murah dan liburan pun terasa lebih ramai.

Post a Comment

Your email is kept private. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.