Liburan Sambil Belajar Mengenal Alam ya Wisata Pulau Harapan Ramah Lingkungan

Tahukah Anda bahwa kini salah satu pulau wisata yang ada di Kepulauan Seribu mengusung sebuah tagline baru yaitu Wisata Ramah Lingkungan. Lebih tepatnya Wisata Pulau Harapan yang Ramah Lingkungan dan Bermasyarakat.Tagline yang dimulai dari 18 agustus 2017 lalu ini, merupakan bagian dari lomba yang diadakan oleh MASI ( Masyarakat Selam Indonesia), KEHATI, dan juga Drivers Clean Action ( DCA ). Lomba yang didukung penuh oleh Taman Nasional Kepulauan Seribu tersebut, ditujukan untuk memberikan peringatan sekaligus membuat wisata Pulau Harapan bukan hanya sebuah pulau wisata saja namun, Pulau Wisata yang ramah lingkungan serta bisa memberikan edukasi mengenai alam pada para pengunjung.

Bukti nyata dari tagline yang dipilih pada saat perlombaan tersebut membuat Pulau Harapan kini jauh lebih bersih dan wisata Pulau Harapan menjadi lebih baik, indah dan juga lebih ramah kepada alam dan biota laut yang ada.Wisata Pulau Harapan biasanya dimulai dari kegiatan rutin yaitu snorkeling. Penjelajahan bawah laut ini biasanya dilakukan di spot sekitar Pulau Harapan atau bisa juga ke Pulau – pulau wisata lain yang terdekat seperti Pulau Perak, Pulau Macan Gundul, Pulau Bulat dan juga Pulau Bira.

Spot snorkeling di Pulau Harapan dan sekitarnya bisa dibilang merupakan spot snorkeling yang sangat bagus karena permukaan lautnya yang tenang dan tidak berombak. Anda bisa melakukan snorkeling dengan aman disini bahkan sampai sore hari. Jadwal snorkeling biasanya dilakukan atau dimulai setelah makan siang, jadi pengunjung yang sudah kenyang umumnya tidak akan membawa cemilan lagi yang biasanya akan mengotori laut.

Spot snorkeling yang nyaman dan juga tenang di Pulau Harapan, membuka jalan pemandangan bawah laut yang indah dan bersih. Banyak ikan – ikan dan terumbu karang baik lunak maupun keras yang menghiasi bawah laut.Puas melakukan snorkeling, agenda lain yang bisa dilakukan saat liburan wisata Pulau Harapan adalah mengunjungi penangkaran penyu. Penangkaran yang diberi nama Taman Biota Laut, Balai Taman Nasional Kepulauan Seribu tersebut, bukan hanya membahas mengenai penyu saja, akan tetapi berbagai hal mengenai dunia laut lainnya. Anda bisa belajar mengenai ekosistem laut secara lengkap disana, sekaligus bagaimana cara dan peran masing – masing biota laut yang ada.

Taman Biota Laut yang didirikan oleh pemerintah ini sebenarnya bertujuan untuk menjaga keanekaragaman dan keberlangsungan biota – biota laut tersebut dan bukannya sebagai ajang wisata. Konservasi merupakan tujuan utama dari taman biota laut ini, akan tetapi ternyata taman biota laut ini bisa memberikan manfaat dan edukasi lebih kepada para wisatawan dan membuat mereka mengerti mengenai lingkungan laut. Itulah alasannya mengapa taman ini akhirnya dibuka untuk umum.

Maka dari itu, jangan sia – siakan kesempatan ini, berlibur sembari menjaga alam dengan mengunjungi taman biota laut di Pulau Harapan. Disini yang paling menonjol adalah berbagai hal mengenai penyu sisik. Seperti kita ketahui, jumlah penyu sisik semakin menurun setiap tahunnya dan kini penyu sisik dimasukan kedalam hewan yang dilindungi.Didalam taman nasional, Anda bisa melihat perkembangan penyu sisik dari telur kemudian menjadi tukik dan penyu dewasa. Ada beberapa penyu dewasa yang ditempatkan di kolam – kolam di sekitar lingkungan taman biota laut. Bagi Anda yang ingin melihat dari dekat, bisa langsung memegang penyu dan bahkan mengambil foto bersama.

Selanjutnya didalam area taman biota laut juga terdapat tumbuhan bakau atau biasa dikenal sebagai mangrove. Tujuan dari penanaman mangrove adalah untuk menjaga bibir pantai sekaligus sebagai tempat hidup ikan – ikan kecil yang berada disekitarnya. Saat ini penanaman mangrove semakin gencar digalakan dan bagi warga umum yang ingin ikut serta untuk melakukan penanaman mangrove juga diperbolehkan. Anda bisa menghubungi pihak terkait jika ingin melakukan hal tersebut.

Dengan adanya taman biota laut dan hutan bakau yang menyertainya, menjadikan Pulau Harapan sebagai Pulau Wisata yang ramah lingkungan dan berfungsi sebagai pulau konservasi yang menjaga lingkungan sekitar. Pengunjungpun jadi mengetahui bagaimana menjaga biota – biota laut yang ada dan bagaimana perkembangannya, hal – hal apa saja yang tidak boleh dilakukan sehingga kehidupan laut tetap seimbang dan tidak rusak.

Rasanya wisata Pulau Harapan yang mengajak kita untuk mengenal,  menjaga dan mencintai alam seperti ini sangat sayang untuk dilewatkan bukan ? Bukan saja Anda bisa bersenang – senang, namun pengalaman serta ilmu baru yang belum tentu Anda bisa dapatkan ditempat lain akan Anda dapati disini. ilmu baru yang didapatkan itupun, dipelajari secara perlahan – lahan di alam, sehingga bukan hanya membayangkan saja namun visualisasi nyatanya ada didepan mata, dan tentu saja semuanya menjadi jauh lebih menyenangkan bukan ?

Jadi tunggu apalagi, segera kunjungi Pulau Harapan di akhir pekan ini atau kalau tidak luangkan waktu barang sehari atau dua hari, ajak pula teman – teman dan keluarga untuk berlibur bersama. semakin banyak yang diajak, semakin ramai, maka memori dan kenangan menyenangkan selama Anda berlibur di Pulau Harapan sambil mengenal alam akan lebih terasa dan bermakna.

Post a Comment

Your email is kept private. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.